Spot Riyadi

Spot Riyadi
Spot Riyadi, Juni 2017

Spot Riyadi adalah lokasi strategis para fotografer di sebelah selatan dari Candi Prambanan; yang ingin memotret sunrise ke arah Gunung Lawu atau Gunung Merapi, atau memotret Candi Prambanan dari sisi selatan di puncak bukit.

Lokasi Spot Riyadi

Lokasi tepatnya adalah di halaman rumah Bapak Riyadi, diatas bukit sebelah selatan Candi Prambanan. Jika dari Yogyakarta, maka route yang dilalui adalah – Yogyakarta – Jalan Solo – ke arah Candi Prambanan – Sampai pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan – Belok Kanan (ke Selatan) – Jalan Raya Prambanan Piyungan – kira-kira 100m melintasi rel kereta api – masuk jalan kecil ke kiri (timur) menuju Abhayagiri Restaurant, ikuti jalan naik dan mengitari Abhayagiri Restaurant – Jika memakai sepeda motor setelah tikungan Abhayagiri Restaurant, anda bisa mengambil jalan pintas belok kiri, tapi jika anda menggunakan mobil, maka anda harus mengikuti jalan terus dan sedikit memutar, ikuti jalan beton (track dua ban), semua ada penunjuk arahnya ke arah “Spot Riyadi”. Di lokasi ini, tersedia parkir yang cukup luas, dan rumah makan Pak Riyadi.

Detail Lokasi

Link lokasi untuk Google map bisa di klik dibawah ini:

Atau Spot Riyadi sudah bisa dicari di Google search, anda tinggal menggunakan smartphone anda untuk langsung meluncur ke spot ini.

Bisa pula melihat track perjalanan saya dibawah ini,

Spot Riyadi Trip by Garmin

Fotografi Bentang alam
Prambanan Temple
Prambanan Temple from Spot Riyadi, EXIF: 500mm, 1″, f/16, ISO64

Untuk memotret Candi Prambanan dari lokasi ini, paling tidak anda membutuhkan lensa tele dengan focal length minimal 300mm, idealnya lebih panjang dari 500mm. Dan cobalah datang sebelum matahari terbit, sehingga anda bisa mempersiapkan titik pengambilan, tripod dan peralatan lainnya. Biasanya di spot ini, keadaan dataran dibawah akan diselimuti kabut. Tunggulah saat-saat dimana bangunan Candi Prambanan sudah mulai menampakkan diri dibalik kabut pagi. Moment dimana munculnya Candi ini, tergantung dari keadaan cuaca saat itu, tapi mungkin sebagai patokan kamera anda harus sudah siap dan menunggu mulai jam 5:30 pagi. Sambil menunggu, anda bisa menikmati kopi dan makanan kecil di warung Pak Riyadi.

Alternatif lain jika kita tidak mempunyai lensa tele, mungkin lensa normal atau wide angle (24-70mm) atau lensa kit (18-55mm), maka saat sunrise anda bisa memotret agak ke arah timur laut, arah dimana munculnya matahari dan juga arah utara yaitu Gunung Merapi dengan format lebar panorama.

Merapi
Merapi View from Spot Riyadi, EXIF: 26mm, 13″, f/11, ISO64
Kilas balik Spot Riyadi

Rumah kediaman Pak Riyadi memang sangat strategis karena memang berada diujung tikungan jalan bibir luar selatan jajaran bukit Boko. Sejak tahun 2002, spot ini sebenarnya sudah mulai menjadi incaran spot para fotografer dari Jogja, tapi saat itu akses jalan ke lokasi ini masih relatif sulit, apalagi di musim hujan. Sadar akan potensi ini, Pak Riyadi mulai membuka warung seadanya dan tidak menetapkan tarif untuk parkir kendaraan, bahkan sampai sekarang; yang ada hanyalah kotak kayu “amal” dengan bertuliskan “PARKIR” dengan maksud bahwa pengunjung memberikan uang parkir seikhlasnya.

Mulailah tahun 2013, ada dana pemerintah (atau investor?) yang membangun jalan beton jalur ban mobil dari titik Abhayagiri Restaurant dibawahnya sampai tikungan jalan Rumah Pak Riyadi; mulai saat itulah mulai banyak berdatangan pendatang, baik fotografer atau anak2 muda yang sekedar ingin menikmati pagi sunrise dari titik ini. Malahan akhir tahun 2016, Pak Riyadi bisa membangun rumah joglo terbuka di bagian depan rumahnya, tempat dimana pengunjung lebih nyaman untuk nongkrong dan santai. Selama bulan puasa, Pak Riyadi juga membuka warung untuk makan sahur, sehingga jika ada pengunjung yang lebih awal datang bisa makan sahur disana sampai subuh dan kemudian langsung bisa memotret dari spot ini.

Time Lapse saat sunrise bisa dilihat dibawah ini,

Foto-foto yang saya cantumkan disini, saya ambil beberapa hari terakhir di bulan Juni 2017. Semoga bermanfaat dan selamat memotret dari Spot Riyadi. Jangan lupa, berkenalan dengan Pak Riyadi dan makan di warung Pak Riyadi.

 

Sad Agus Photography©, Copyright 2017.

http://sadagus.com