Pantai Siung 2017

“Siung”
Pantai Siung

Entah sudah ke beberapa kali saya ke pantai ini, kali ini saya ditemani oleh putra saya – Dimas. Persiapan sudah saya lakukan beberapa hari sebelumnya, seperti GPS, kamera DSLR, tripod, GoPro, Drone DJI Phantom 4 Pro dan peta rencana lintasan terbang drone. Kali ini saya ingin memotret bentang alam pantai dari deretan bukit utara Pantai Siung dan menerbangkan drone dari bukit di sisi utara, untuk mengambil rekaman video udara Pantai ini.

Sekedar mengingatkan lokasi Pantai Siung, bisa dilihat di google map, dibawah ini:

Rencana sebelumnya yaitu juga mengunjungi Pantai Watu Lumbung, tapi keadaan cuaca terlihat mendung, maka saya membatalkan karena kemungkinan kondisi jalan akan sulit dilalui jika hujan. Saya meluncur bersama Dimas ke Pantai Siung, sesampai disana saya sempatkan untuk melihat keadaan sekitar dan langsung membawa tas kamera, tripod dan drone ke puncak bukit. Kekuatan angin cukup besar, namun saya tetap mencoba menerbangkan dan saya baru menyadari semua battery (2 buah) drone saya tinggal 50% – 60%. Saya ingat sudah lebih dari 4 hari battery itu diam didalam tas tidak terpakai dan tidak saya check. Walaupun begitu, tiga battery drone sudah lebih dari cukup walaupun dua battery tinggal 50%; bahkan saya bisa membuat tiga rekaman video udara, berikut adalah rekaman video udara bagian ketiga:

Dari atas bukit, saya sempat beristirahat di pondok kecil, dimana dibagian depannya ada kursi bambu tempat berteduh. Ternyata pondok sederhana itu adalah milik Pak Wagio – Petani singkong di sekitar Bukit Ragil. Dari atas sini saya memotret bentang alam dengan memakai filter ND1000 diatas tripod. Setelah dirasa cukup, saya dan Dimas turun kembali ke hamparan pantai dengan dibantu oleh Pak Wagio untuk membawa tas bawaan kami, tentu saja saya memberikan imbalan secukupnya. Beliau berpesan, jika kesana lagi dapat minta bantuan beliau untuk mengawal saat mengambil foto di daerah-daerah yang beresiko. Di hamparan pantai bawah, saya kembali menerbangkan drone untuk menghabiskan battery terakhir saya, sekaligus memotret sunset.

“Sunset
Sunset di Pantai Siung

Setelah membereskan barang-barang, makan bekal kami dan ke toilet di warung depan pantai, saya dan Dimas meluncur pulang. Terima kasih Dimas sudah menemani Bapak ke Pantai Siung.

Peralatan: Nikon D810, Manfroto tripod, AFS 14-24mm f/2.8G ED, AFS 24-70mm f/2.8G ED, Haida 150mm filter system, ND64, GND soft, Haida filter 77mm ND1000, Solo Pro GND filter. DJI Phantom 4 Pro, DJI ND8 filter.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017