MENGAWALI TAHUN 2018 DALAM FOTOGRAFI

DSC_3956_small
Agenda tahun 2018

Tahun 2017 sudah kita lewati dan sudah memasuki tahun 2018. Sebagai penikmat dan pelaku fotografi, ada kesan baik dan buruk di tahun lalu. Banyak pelajaran yang dapat diambil, sambil merencanakan perbaikan-perbaikan, kegiatan-kegiatan positif lainnya. Saya menulis ini setelah membaca salah satu artikel tentang agenda / rencana apa yang akan dilakukan di tahun 2018. Rupanya saya hampir melewatkan hal penting ini yaitu membuat Agenda Fotografi di tahun 2018. Ini hanya ide dan pemikiran.Yang DITINGGALKAN

  1. Menghapus file-file foto tahun 2017 yang memang buruk dan menyimpan foto yang layak, sudah diproses. Sekaligus mengelompokkan dan memberikan “rating”.
  2. Membersihkan peralatan fotografi, seperti tas kamera, lensa, kamera, tripod, dan lain-lain. Jika perlu dicuci, disedot dengan vacum. Jika berjamur perlu kita masukkan ke service center terdekat.
  3. Buang peralatan yang memang rusak dan tidak bisa diperbaiki, jual peralatan yang diperkirakan tidak digunakan lagi, tapi masih berfungsi.

Yang SEKARANG

  1. Mencetak foto-foto terbaik di tahun 2017, tempelkan di dinding rumah. Siapkan file-file digital nya secara baik dan kirim ke tempat percetakan yang terbaik.
  2. Jual foto-foto terbaik tahun sebelumnya, jika ada foto-foto yang dianggap bagus dan mempunyai nilai jual. Menjual foto bisa banyak cara, dengan mencetak dan menawarkan kepada instansi, hotel, teman-teman penggemar fotografi, atau melalui agen online yaitu microstock, seperti Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, 123RF, Getty Images, dan banyak lagi lainnya.
  3. Tulislah artikel atau blog mengenai ringkasan foto-foto terbaik di tahun lalu. Tulislah perlahan dan cermat, maka tulisan ini akan memperjelas sejarah fotografi pribadi kita dan membagikan cerita kepada keluarga, sahabat dan teman-teman anda, tambahan akan menambah inspirasi bagi mereka.

MEMULAI BARU

  1. Berpikirlah positif dan yakin bahwa tahun ini menjadi tahun terbaik fotografi mu.
  2. Cobalah keluar dari zona “nyaman”, saya menyukai foto landscape, macro dan still life, namun saya akan lebih banyak mencoba foto Aerial dengan Drone, human interest dan foto infrared; mengingat kedua kegiatan fotografi tersebut saya banyak kekurangan dan jarang melakukan di tahun lalu.
  3. Mencoba “income” tambahan dari fotografi lebih serius. Yang sudah berjalan seperti berjualan foto melalui microstock, akan tetap saya teruskan dan tingkatkan. Sementara saya akan coba menjual foto cetak.
  4. Saya akan mulai mencoba memberikan ilmu dasar fotografi, melalui forum-forum terbuka.
  5. Yang terakhir, tahun ini saya TIDAK AKAN MEMBELI PERALATAN FOTOGRAFI baru.

Selamat berkreasi di tahun 2018.

Salam,

Sad Agus Photography, ©Copyright 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *