Mempunyai Website Pribadi

My website

Dalam satu minggu terakhir, saya memperbarui halaman website resmi pribadi saya. Perubahan nya meliputi:

  1. Bersih dan sederhana, saya mempertahankan tampilan “slideshow” 10 foto yang saya anggap terbaik, dibawahnya ada tiga (3) bagian yaitu bagian blog, portfolio dan extra site dg icon sederhana namun menarik.
  2. Memperbanyak link, bagian portfolio saya bagi menjadi beberapa link ke halaman portfolio foto di microstock, flickr dan 500px, selain itu saya juga menambahkan portfolio video saya yg ada di shutterstock dan youtube.
  3. Di halaman “extra”, saya menambahkan dua link yaitu halaman presentasi tentang “travel photography” dan halaman silsilah keluarga Seno Atmodjo.

Membuat halaman website sebetulnya tidaklah sulit, namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran; ditambah dengan pengetahuan dasar tentang tata letak halaman website umumnya. Dulu saya menggunakan software Adobe Dreamweaver, kemudian beralih ke Adobe Muse yang lebih mudah dan tanpa harus memasukkan kode html. Semua elemen dan widget nya lebih dari cukup untuk membangun sebuah website pribadi. Keuntungan lainnya adalah Adobe Muse menyediakan layout untuk membuat web versi Desktop, tablet dan handphone, yang disebut dengan “responsive layout”, sehingga pengunjung yang menggunakan gadget berbeda dapat mengakses sesuai dengan ukuran layarnya.

Kelebihan dan keuntungan dalam memilki website pribadi, diantaranya:

  1. Relatif murah, coba kita bandingkan jika kita mempunyai bisnis, maka memasang iklan di media TV, Radio dan elektronik lainnya; akan memakan biaya sangat tinggi. Untuk sebuah website dan domain, saya hanya menghabiskan biaya Rp 2 juta rupiah untuk periode dua tahun biaya sewa nya.
  2. Iklan terus menerus, semakin sering kita menyebarkan informasi tentang website kita, maka semakin banyak orang yang datang berkunjung dan hal ini dapat menjadi iklan yang terus menerus tanpa henti.
  3. Kepuasan, mempunyai website sendiri mempunyai kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Kita dapat membuat halaman apapun, baik koleksi foto, video, tulisan, gambar-gambar menarik, ilmu pengetahuan dan banyak hal menarik, berguna. Semua itu dapat dibagi kepada saudara-saudara dan kawan-kawan dibelahan dunia manapun.
  4. Akses mudah dan selalu baru, cepat. Halaman website dapat dikunjungi dari manapun dan kapanpun {24/7). Bahkan kita dapat menulis artikel, upload foto dan langsung dapat terlihat di halaman website kita dengan cepat.
  5. Wadah “Links”, halaman website dapat “dihubungkan” dengan belasan, puluhan ke halaman website lainnya. Karya-karya terbaik, produk bermutu dan informasi yang terbaru akan menambah nilai halaman website.
  6. Membangun kesempatan, jaringan dan idea. Hubungan sosial, kesempatan lebih terbuka dan semua itu tidak datang begitu saja, promosi, penyebaran informasi mengenai website itu sendiri adalah kunci utama; dan itu semua akan memunculkan ide-ide baru.
  7. Karya tanpa henti. Selalu meng update content, baik berupa foto-foto menarik, artikel yg bermanfaat adalah hal yang menarik bagi saya dan pasti meningkatkan kemampuan dalam fotografi dan menulis.

Silahkan berkunjung ke ~ Official Website saya di http://sadagus.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *