Mempersiapkan cetak foto di Photoshop

PS_interface
Processing before printing

Mencetak foto dalam ukuran besar diatas kertas foto didasarkan beberapa alasan, mengapa kita perlu mencetak foto hasil bidikan kita, berikut adalah beberapa alasan diantaranya:Melatih kita untuk menjadi editor lebih baik, karena hasil akhir sebagai portfolio dari beberapa foto bukan hanya digelar di media sosial, halaman internet, home page, halaman internet pribadi; yang semuanya dalam bentuk digital, melainkan banyak orang lebih menyukai dalam bentuk nyata dan dapat dilihat langsung, tanpa pengaruh dari kalibrasi monitor komputer, gadget.

  1. Menambah inspirasi dan ide, setiap melihat hasil foto di dinding yang sudah pernah dicetak, akan terus mengingatkan kita akan moment dan dapat memunculkan ide-ide baru, dibandingkan dengan melihat foto secara digital dimana kita harus menyalakan komputer terlebih dahulu, atau gadget.
  2. Hasil cetak foto, biasanya ukuran besar akan “menghidupkan” nilai foto secara nyata, bahkan selamanya. Itulah sebabnya mengapa banyak fotografer atau seniman membuka galeri untuk memamerkan karya-karya seninya atau karya foto-foto, bahkan foto itu akan dikenang selamanya walaupun sudah bertahun-tahun.
  3. Kepuasan, hasil karya kita yang kita banggakan (mungkin bukan bagi orang lain); selayaknya dapat penghargaan dari diri kita sendiri. Salah satu kepuasan dan kesenangan seorang fotografer adalah ketika hasil bidikannya di cetak dan dapat dilihat langsung baik oleh dirinya sendiri atau orang lain.

Proses di Adobe Photoshop CC

Sebelum memproses foto-foto yang akan dicetak, sebaiknya file asli nya di copy ke folder yang baru, untuk menghindari adanya kesalahan proses, sehingga file-file asli tidak ‘destructive”.

Tentukan ukuran kertas foto yang akan kita cetak sebelum memproses, dibawah ini ada ukuran kertas foto yang biasa digunakan (diambil dari website https://www.zabbage.com/paper-sizes.htm).

photo paper size

Misal saja kita tentukan kita akan mencetak ukuran S12R (12 x 18 inches). Berikut adalah urutan langkah nya:

  1. Bukalah file foto dengan Adobe Photoshop.
  2. Rubahlah ukuran foto dengan klik > Menu > Image > Image Size (shortcut CMD / CTRL – i)
  3. Rubahlah unit ukuran menjadi inch, lalu ketikkan angka sesuai dengan ukuran panjang dan lebar foto. Ingat ukuran foto asli tidak akan selalu mempunyai rasio panjang dan lebar yang sesuai dengan ukuran kertas foto. Sehingga, coba lebihkan panjang atau lebarnya sesuai dengan mana yang paling minimum.
  4. Tandai / Checked pada pilihan “Resample”, dan pilihlah “Bicubic Smoother (Enlargement)” > Klik OK.
  5. Lakukan Cropping (shortcut “C”) dan sesuaikan dengan ratio crop nya yaitu width (lebar) 18 dan height / tinggi 12. tekan Enter. Saat ini, anda sudah mempunyai foto dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kertas foto yang akan diinginkan.
    crop_option
    Pilihan Cropping
  6. Tambahkan adjutment layer > Brightness & Contrast > dan tambahkan tingkat brightness antara 10 – 15 tergantung dari exposure dari foto yang ada.
    Brightness_highpass.jpg
    Brightness dan High Pass
  7. Duplicate background layer menjadi new layer > rename layer tersebut menjadi “Layer1”
  8. Klik di Layer1 > klik > Menu > Filter > Other > High Pass
  9. Tentukan “Radius” dengan 0.4 –  0.5 pixels saja > klik OK (lihat gambar diatas)
  10. Masih di Layer1 > rubahlah blending mode ke Soft Light
  11. Klik Menu > Layer > Flatten Image
  12. Simpan dalam nama file yang berbeda > Menu > File > Save As > ketik nama file baru.
  • Selesai –

Catatan:

  • Sebelum melakukan pencetakan diatas kertas foto besar, cobalah dulu dengan ukuran kecil terlebih dahulu, misalnya 5R. Sehingga kita tidak banyak membuang biaya jika diperlukan perbaikan-perbaikan.
  • Ini bukanlah proses yang harus diikuti persis seperti cara diatas, namun paling tidak sebagai patokan atau alternatif cara bahwa file dalam bentuk digital yang kita lihat di layar komputer / gadget, sebetulnya berbeda ketajaman dan derajat intensitas cahaya yang dilihat.

Semoga bermanfaat,

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Official website http://sadagus.com

5 thoughts on “Mempersiapkan cetak foto di Photoshop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *