Memotret Kembang Api

DJI_0068_small
Fireworks Aerial View (New Year 2017)

Shooting fireworks atau memotret kembang api mempunyai tips dan trik tertentu, sehingga foto bisa kelihatan indah dan meriah namun tidak “semrawut”.

  • Tentukan posisi kita akan memotret, posisi dengan posisi tinggi akan lebih bagus mengingat kembang api akan meledak dan terlihat kira-kira 10m – 30m diatas permukaan tanah. Jika memungkinkan sertakan subyek / point of interest lain sebagai pelengkap komposisi dan pembanding ledakan kembang api. Misalnya Gedung, menara, pohon apapun.

  1. Gear / peralatan, gunakan LENSA dengan focal length wide zoom atau normal zoom, penggunaan lensa ini tergantung dari mana posisi kita memotret. Dibutuhkan tripod yang kokoh dan cable release / remote, agar tidak goyang.
  2. ISO rendah, setting ISO serendah mungkin jika tidak memungkinkan naikkan sedikit, misalnya Native ISO 100, bisa sedikit dinaikkan sampai ISO 400 misalnya.
  3. Matikan / non aktifkan setting kamera Long Exposure “Noise reduction”, untuk mempertajam hasil ledakan kembang api, lagipula untuk mempercepat pengambilan frame yang berulang.
  4. Gunakan “Manual” Mode, dengan setting f/5.6 – f/8. Set lensa ke fokus manual, cobalah untuk set fokus ke titik / tempat kembang api sebelum pengambilan gambar. Shutter speed gunakan mode “Buld”.
  5. Gunakan ND filter ~ jika memang DIPERLUKAN, untuk memperpanjang shutter speed.
  6. Sebelum memotret, jangan lupa untuk check dan menempati lokasi yang diharapkan agar komposisi dan posisi sesuai dengan bayangan kita. Lakukan percobaan pemotretan (Pre Shooting), dengan kecepatan 4 detik, f/5.6, ISO100, kemudian check histogram nya, pastikan hasilnya sedikit agak “under” exposure, sekitar -1 sampai -2 stops dengan merubah aperture lensa (f numbr). Ingat saat kembang api menyala, maka setting kamera tersebut akan pasti lebih terang.
  7. Saat pemotretan, pasanglah kamera pada tripod dengan cable release yang sudah di “connect”. Bersiaplah dengan “manual” mode dengan semua sudah siap, baik fokus, setting kamera (aperture, ISO, speed “Bulb”). Saat kembang api meledak, tekanlah shutter “Bulb”, sampai pancaran satu – dua api habis, baru lepaskan shutter release. Lakukan beberapa kali dan usahakan pindah posisi jika memang ada waktu.
OUT_6498_small
Fireworks 2018, MONJALI Yogyakarta

Selamat mencoba dan memotret kembang api nanti malam. Itu juga kalau tidak hujan dan cuaca memungkinkan.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Official Website http://sadagus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *