Koreksi Akurat White Balance

White Balance button
White Balance Button

Untuk mengkoreksi White Balance maka ada tiga (3) tahapan, yang PERTAMA yaitu menentukan warna hitam pada foto dan menerapkannya pada foto melalui Curve Adjustment layer. KEDUA yaitu menentukan warna putih pada foto dan menerapkannya pada foto melalui Curve Adjustment layer. KETIGA yaitu menentukan warna abu-abu dan menerapkannya pada Curve Adjustment layer.Berikut langkah-langkahnya

  • Koreksi White Balance
  • Buka file image / foto
  • Gambar dibawah adalah beberapa screen capture dari penjelasan tahapan dibawah.
WB_layer
Letak icon dan susunan layer untuk koreksi White Balance

Tahap Pertama

  1. Tambahkan adjustment layer > Treshold
  2. Tarik slider sampai pojok kiri (minimum), lalu geserlah perlahan sampai muncul image hitam di layar. Ingat image hitam tersebut bukanlah dari bagian foto yang under exposure, tapi memang obyek yang berwarna hitam.
  3. Kemudian pilih icon “color sampler tool” atau tekan “i” untuk shortcut, lakukan zoom pada daerah yang akan diambil contoh warna putih dengan eye drop sampler tersebut agar lebih akurat.
  4. Klik pada daerah yang dianggap hitam, maka akan muncul titik “color sample tool” dengan angka “1” sebagai titik yang mewakili daerah hitam.
  5. Setelah mendapat titik “color sampler”, delete layer “Treshold” ini.
  6. Tambahkan adjustment layer > Curves, rename layer sebagai “Black”. Klik eye dropper icon paling atas di kotak adjustment layer. Setelah eye drop tersebut aktif, klik pada titik “color sampler” yang ada angka “1” tersebut. Maka akan terlihat curve akan berubah.

Tahap kedua

  1. Tambahkan adjustment layer treshold diatas Curves layer yang kita sebut “Black” tadi.
  2. Tarik slider ke maksimum, lalu tariklah perlahan ke kiri sampai mulai muncul image putih dari bagian foto yang dianggap putih.
  3. Klik “color sampler tool”, klik pada daerah tersebut, maka akan muncul titik “color sampler” dengan angka “2”, yang mewakili daerah putih.
  4. Delete adjustment layer treshold ini.
  5. Tambahkan adjustment layer > Curves.
  6. Klik eye dropper paling bawah pada Properties layer Curves, klik pada layar yang menunjukkan titik color sampler dengan angka “2”, yaitu daerah yang mewakili daerah putih.

Tahap ketiga

  1. Tambahkan layer baru kosong, atau tekan CMD / CTRL shift N
  2. Isilah dengan warna 50% abu-abu, dengan menekan Shift F5 atau Menu > Edit > Fill, pilihlah Content “50% Gray > Klik OK.
  3. Rubahlah layer baru abu2 tersebut dengan blending mode “Difference”, tampak foto menjadi menampakan warna yang aneh. Biarkan saja karena foto tersebut hanya mengambil warna abu2 dari foto.
  4. Tambahkan adjustment layer > Treshold.
  5. Geser slider ke arah minimum (Kiri), kemudian tariklah perlahan ke kanan sampai muncul image hitam yang dianggap berwarna abu2
  6. Tekan “i” untuk mengaktifkan “Color Sampler” tool, klik pada daerah yang dianggap abu-abu. Maka akan muncul titik “Color Sampler” abu-abu dengan angka “3”.
  7. Setelah mendapat titik “3” tersebut, delete layer Treshold.
  8. Tambahkan adjustment layer Curves baru, rename layer dengan “Gray”.
  9. Klik ke Properties layer dan klik eye dropper abu-abu.
  10. Klik pada layar foto pada titik “Color Sample” abu-abu diatas yaitu titik “3.

Pada tahap ini, maka mengkoreksi White Balance sudah selesai. Coba bandingkan foto asli dengan koreksi dengan ketiga Adjustment layer, yaitu Black, White, Gray tersebut.

WB_correctios
Perbandingan Foto asli dan koreksi White Balance

Selamat mencoba.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Official Website http://sadagus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *