Koleksi Foto Hitam Putih

Black n White (2017-12-30 07-33-19)
Black and White Collection

Saya baru saja memperbarui halaman portfolio untuk koleksi foto hitam putih. Setelah bergabung dengan group BW Lover di facebook, saya banyak belajar dan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana melakukan foto hitam putih secara baik, dari Pre Shooting, Shooting, Post Processing.

Foto hitam putih dapat menjadi foto menarik dan istimewa, jika hal – hal penting dibawah ini dapat tercapai yaitu:

  1. PATTERN (POLA) adalah faktor penting dalam foto hitam putih, bisa berbentuk garis lurus, melengkung, atau pola yang dikenal kita pada umumnya: seperti, pohon pada foto bentang alam, garis-garis jalan / jembatan, awan mendung, garis-garis gedung.
  2. CONTRAST (KONTRAS), dasar kontras warna dalam color cyrcle dapat menambah point of interest dalam satu foto hitam putih. Kontras ini bisa tampak dalam pola yang ada atau tekstur foto hitam putih. Kontras yang menonjol tanpa kehilangan detail daerah terang (highlight) dan gelap (shadow) juga merupakan hal penting, agar tidak kehilangan makna foto.
  3. SIMPLIFY / MINIMALIST, banyak contoh foto hitam putih yang menonjol hanya karena sederhana dan minimalist, misalnya jumlah gedung yang relatif sedikit namun menonjolkan pola dan kontras yang tinggi dengan background langit dengan gradasi halus, atau alilran ombak dengan long exposure, dan banyak contoh foto-foto hitam putih simplify dan minimalist nampak “istimewa”.
  4. LOW KEY/ HIGH KEY: Istilah Low Key foto hitam putih adalah foto dengan tone yang relatif gelap, namun masih menunjukkan detail nya, biasanya foto-foto dengan background yang gelap. Tentu saja background gelap dapat dihasilkan dari foto-foto “cityscape” dan “landscape”, sore atau malam hari. Untuk jenis foto “fashion”, “human interest” atau foto “indoor”, carilah atau gunakan background warna gelap atau hitam, sedangkan jika outdoor, cobalah mencari posisi dimana background subyek yang gelap, ingat trik “light trap” bisa dilakukan di foto jenis ini. Sedangkan foto hitam putih High Key adalah foto dengan tone yang cenderung terang, kebalikan dari foto Low Key, foto-foto jenis ini cenderung mempunyai background dan subyek dengan warna-warna “panas” / cerah.
  5. DODGING & BURNING: Post processing juga merupakan faktor penting dan dapat menghasilkan foto-foto hitam putih yang dirasa masih “sedikit kurang menonjol”. Cobalah lakukan proses “dodging & burning”, jika memang diperlukan hal ini diperlukan hendaknya dilakukan secara berhati-hati dan tidak terlalu drastis.
  6. PERSONAL PROJECT, membuat “personal project” tidak perlu harus rumit dan sulit, misalnya buatlah satu Album atau Koleksi Foto Hitam Putih terbaik pada akhir tahun dengan kumpulan foto terbaik pada tiap bulan. Foto Album bisa ditempatkan secara online atau dibuat satu lembar ukuran kertas A3 dari kumpulan foto hitam putih terbaik.

Semoga bermanfaat,

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Koleksi foto hitam putih

http://sadagus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *