Jangan terburu men “DELETE”


Seringkali saat kita memotret baik indoor maupun outdoor, sibuk, mencoba konsentrasi pada kamera kita, diikuti sering mengintip hasil di LCD setiap kali setelah mengambil tiap satu gambar (biasa disebut “chimping”).

Kalau dirasa tidak sesuai dg apa yg diinginkan, atau dianggap buruk, maka yg sering dilakukan LANGSUNG men”DELETE”. Inilah kesalahan dari kebanyakan kita! Karena ada kemungkinan terjadi apa yg sebetulnya tidak kita harapkan, misalnya:

  1. Kesalahan yg kita anggap ada, mungkin bisa kita perbaiki saat “post processing, misalnya foto saya ini; aslinya (RAW) under exposure (terlalu gelap). Setelah saya proses, ternyata daerah shadow yg gelap bisa saya recover detailnya, karena saya menggunakan RAW format. Padahal sudah hampir saya delete saat itu.

  2. Kecelakaan salah memencet tombol pada menu beberapa kamera, juga sering dialami. Yaitu setelah menekan DELETE – keluar DELETE ALL? – karena terburu-buru maka seringkali langsung OK. Nah… semua foto2 sebelumnya langsung “bablas” alias hilang.

  3. Evaluasi diri, tidak men”delete” langsung foto kita yg salah, sebetulnya memberikan manfaat utk evaluasi skill kita. Setelah sampai di rumah, dapat mengingatkan kita atas kesalahan apa yg kita buat dan mencoba untuk tidak mengulangi.

  4. Kesalahan beberapa foto, tidak seberapa besar ukuran file nya dibanding dengan jumlah keseluruhan memory card. Jadi jangan khawatir anda akan kehabisan ruang simpan memory card , gara2 banyak salah foto.

Foto pantai Siung dibawah ini, hampir saja saya delete. Soalnya waktu itu, ada anak muda yg datang dan menanyakan, “Om, saya tadi gak sengaja mencet tombol ‘DELETE ALL’, terus fotonya hilang semua… bisa di recover gak Om?”. Saya katakan, mungkin bisa dengan aplikasi komputer “tool recovery”, sambil mbathin (khoq bisa ya…?) Itulah sekelumit tulisan dan pengalaman saya yg bisa saya bagi. Jika ada yg ingin menambahkan atau mengkoreksi, silahkan tambahkan di kolom komentar.


Selamat TIDAK TERBURU MEN” DELETE” daripada menyesal.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Official website – http://sadagus.com