Image Transmission Setting

Text
DJIGO4 Apps

Dalam menerbangkan drone DJI Phantom 4 Pro di daerah perkotaan, saya sering mengalami putusnya video realtime (FPV – first person view) pada layar LCD di tablet saya. Rupanya frekuensi transmisi yg saya gunakan sering terganggu oleh adanya frekuensi dari signal-signal wifi, telpon selular atau signal radio komunikasi yang cenderung padat di daerah perkotaan. Akibatnya frekuensi yg saya gunakan sering terputus akibat banyaknya frekuensi dari pemakai signal yang relatif banyak.

Text
Image transmission setting

 

Aplikasi DjiGO4, sebagai aplikasi pengatur di tablet saya, memungkinkan untuk mencari frekuensi mana yg cenderung kosong saat kita menerbangkan drone, yaitu dengan memilih frekuensi yg “lebar”, sehingga gangguan frekuensi dari signal transmisi dari luar bisa di minimalisir. Default setting dari DJI adalah 2.4GHz, Aplikasi DjiGO4 menyediakan frekuensi 2.4GHz dan 5.8GHz. Untuk memilih frekuensi lebih lebar yaitu 5.8GHz tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah menjalankan aplikasi DjiGO4 pada tablet/smartphone, nyalakan RC (remote control) dan AC (aircraft).
  2. Setelah “Ready to Fly”, hijau. Klik menu utama (tiga titik berderet) dibagian atas kanan, lanjutkan klik menu “HD” image transmission setting.
  3. Setelah muncul layar adanya “bar frekuensi”, maka klik sub menu “CUSTOM”, lanjutkan klik di 5.8GHz. INGAT… jangan menekan “Auto”, walaupun ada pilihan 2.4GHz dan 5.8GHz, bahkan jika anda klik 5.8GHz, system sudah terlanjur memilih 2.4GHz, maka akan sia2 saja merubah frekuensi melalui “auto”.
  4. Jangan lupa utk merubah posisi antena berdiri tegak lurus dengan RC, jika menggunakan frekuensi 5.8GHz. Perlu diketahui, jika memilih frekuensi 2.4GHz maka posisi antena adalah miring 45 derajat ke depan.
  5. Selanjutnya, dapat diamati gangguan frekuensi cenderung hilang atau berkurang.

Sebagai tambahan, jika kita menerbangkan di tempat yg relatif sepi dan jauh dari perkotaan, dimana gangguan frekuensi relatif sedikit, maka kita bisa menggunakan frekuensi 2.4GHz dan frekuensi ini lebih kuat, sehingga dapat digunakan untuk terbang dengan jarak yg lebih jauh ketimbang 5.8GHz.

Semoga bermanfaat bagi pemakai drone, khususnya bagi pilot DJI Phantom 4 Pro.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

Official website at http://sadagus.com