Fotografi Human Interest

Human interest poster.jpg

Tadi pagi saya belajar memotret HUMAN INTEREST di pasar traditional. Banyak pelajaran yang bisa diambil, agar foto Human interest lebih baik, antara lain:

  1. Untuk menghindari kehilangan momen, cobalah setting kamera dengan “P” mode (programable), dalam setting ini berbeda dengan “Auto” karena dalam “P” mode, kita bisa merubah titik fokus, exposure compensation, aperture, shutter speed, ISO, sementara itu kamera akan melakukan “penyesuaian” dengan sendirinya.
  2. Amati Cahaya dan refleksi nya. Cahaya yang datang kalau bisa miring mengenai subyek, jika beruntung carilah cahaya sekunder berupa refleksi. Refleksi ini bisa datang dari obyek-obyek disekitar subyek, seperti barang dagangan yang cerah memantul ke muka, atau cahaya matahari yang memantul ke dinding mengenai muka, atau jalanan yang basah, juga bisa memantul.
  3. Momen dan Posisi. Carilah posisi memotret sehingga, posisi background mempunyai kontras yang tinggi dan ditempat-tempat momen yang sudah jelas kemungkinan besar ada aktifitas. MIsalnya: pedagang atau pembeli yang bertransaksi di depan warung / toko.
  4. Low profile dan sabar, jangan terlalu menyolok saat memotret, cobalah di posisi agak di pinggir lorong, jalan, dll. Bersabarlah menunggu moment di titik yang sudah diharapkan. Jika perlu fokuskan di area moment sebelumnya. Gagal mencoba adalah suatu keharusan, untuk mencapai hasil lebih baik.
  5. Berbaurlah dan tetap berkomunikasi dengan lingkungan dan tetap waspada, tetap tersenyum dan menjawab jika disapa. Karena pasar itu tempat orang macam-macam.

OUT_6645_small

Selamat mencoba dan mari jangan cepat menyerah, seperti yang disampaikan oleh salah satu kawan. Human interest shooting TIDAK SEMUDAH apa yang dikira, baru terasa kalau sudah praktek langsung. Namun begitu, jika ingin membuat foto HI yang “SPECTACULAR”, belajar dan latihan nya juga harus “SPECTACULAR”.

Koleksi foto human interest dapat di lihat disini.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2018.

Official website ~ http://sadagus.com