Bukit Buah Mangunan

Mangunan
Puncak Bukit Mangunan

Tempat ini adalah salah satu spot fotografi yg cukup menarik, tepatnya di puncak Bukit Mangunan. Dari spot ini, kita bisa memotret pemandangan ke arah selatan, rangkaian pegunungan seribu Gunung Kidul yang dibelah oleh Sungai Oyo, karena dilihat dari tempat tinggi dan pagi hari, maka selimut kabut di permukaan perbukitan dan lembah Sungai Oyo masih tebal dan terlihat mengalir, sungguh pemandangan indah luar biasa..! Belum lagi saat matahari mulai muncul dan deretan awan di angkasa, yg melengkapi keindahan alam dari puncak ini. Tempat spot lain yg terkenal utk tempat selfie yg ekstrim adalah Jurang Tembelan, dimana kamu bisa selfie diujung kapal bambu buatan dengan latar belakang kabut pagi.

Nama tempat resminya adalah Bukit Buah Mangunan, tapi saat saya kesana kemarin dan pertama kali, malah tidak menjumpai apa yg disebut Kebun Buah. Perjalanan dari kota Jogja, ditempuh dalam waktu 1jam, bagi yang ingin persiapan yang lebih baik, agak diberi waktu ekstra, jadi berangkatlah dari Jogja sekitar  1-½ jam sebelum matahari terbit, atau pukul 4:30 pagi.

Rute Perjalanan

Perjalanan dari kota Jogja, bisa dimulai dari Ring Road Selatan, berbelok ke arah jalan Imogiri Timur atau Jalan Imogiri Barat, menuju ke kota kecil Imogiri, teruskan mengikuti petunjuk jalan ke arah makam raja-raja, berbelok ke arah desa Dlingo, ikuti jalan yang mulai menanjak dan berkelok, sampai dibelokan Rumah makan “Mangunan Baru”, berbelok ke kanan menuju Bukit buah Mangunan, ikuti jalan petunjuk yang mulai berkelok dan naik. Sampai akhirnya sampai ke “Puncak” Bukit Mangunan. Tiket masuk Rp5,000/orang, dari tempat parkir anda harus berjalan turun menuruni beberapa anak tangga, untuk bisa sampai di bibir lembah untuk bisa memotret dan menikmati pemandangan indah pagi dan sunrise. Perjalanan pulang kembali ke Jogja, saya sempat mampir di Bukit Bego dan mengambil beberapa bidikan.

Bukit bego
Rest Area Bukit Bego
Lokasi Detail

Lokasi tepat puncak bukit Mangunan dapat anda cari di google dengan link klik disini

Atau bisa melihat google map dibawah ini, 

Jejak perjalanan saya dengan menggunakan GPS GARMIN, bisa di klik disini.

Fotografi

Anda bisa menggunakan dari lensa wide atau ultra wide untuk memotret pemandangan, lensa normal 35-50mm untk memotret perbukitan dan lembah Sungai Oyo yang masih diselimuti kabut. Begitupun lemsa tele, gunakan untuk memotret celah-celah “permukaan kontur” bukit yg masih dialiri kabut. Bahkan kita bisa membuat video “time lapse” aliran kabut dan awan dari spot disini.

Foto-foto di halaman ini adalah bidikan saya sendiri, mohon untuk tidak menggunakan atau menyalin nya tanpa seijin saya.

Semoga bermanfaat,

©Sad Agus Photography, Copyright 2017

Official website >>> http://sadagus.com <<<