Bukit Barede

Borobudur Silhouette
Borobudur Silhouette from Bukit Barede

Lokasi Bukit Barede berasa disisi barat Candi Borobudur, sedikit di sebelah timur Puntuk Setumbu. Spot ini sebetulnya adalah alternatif spot foto selain Puntuk Setumbu, saya sendiri belum pernah ke Puntuk Setumbu, yang kata beberapa orang Bukit Barede lebih “nyaman” dibanding Puntuk Setumbu karena jarak antara lokasi parkir kendaraan dan spot atas bukit lebih dekat, belum terlalu banyak orang. Saya sengaja tadi pagi datang pagi-pagi lebih awal, dimana masih gelap. Dari spot Bukit Barede, kita bisa memotret foto Candi Borobudur dari jauh dan elevasi lebih tinggi pada pagi hari, Sunrise dibalik Gunung Merapi – Merbabu dengan latar depan “layer” perbukitan sekitar Borobudur.

Route dari Jogja

Route jalan dari Jogja, bisa diurutkan yaitu Kota Yogyakarta – Ring Road Utara – Jalan Magelang – Kota Muntilan – Berbelok ke arah Jalan Candi Borobudur – Melewati SD Ringin Putih – setelah ini akan melalui jalan lebih kecil –  Plang kayu bertuliskan “Selamat Datang di Desa Karangrejo” Mengikuti jalan agak naik – Taman Parkir Bukit Barede. Loket masuk tidak jauh dari taman parkir dengan tarif Rp15,000 per orang.  Untuk jelasnya bisa melihat route perjalanan saya dengan memakai GPS Garmin di link berikut:

Bukit Barede Journey Link

Lokasi tepatnya di google map bisa dilihat dibawah ini,

Di lokasi taman parkir, kita akan disambut oleh beberapa pegawai penjaga, yg merupakan penduduk setempat sekitar 10 orang tiap gilirannya. Mereka berpakaian Adat Jawa dengan memakai Sarung Batik, topi Blangkon, dan baju lurik. Semuanya ramah dan mau membantu membawakan barang ekstra, hebat nya lagi mereka tidak mematok tarif atau minta uang. Diteruskan berjalan kaki menanjak, agak lumayan sekitar 200 anak tangga. Nafas saya sendiri, naik turun hampir habis, maklum faktor usia kepala lima.

Barede Sunrise
Sunrise dari Bukit Barede

Keadaan cuaca tadi pagi diselimuti kabut tebal sampai pukul 7:30, matahari mulai terbit pada Juni 2017 ini sekitar pukul 6:10. Saya bisa membayangkan jika cuaca tidak berkabut, maka sunrise ini disin pastilah indah sekali. Walaupun ada kabut tebal, tetap saja keindahan sunrise dari spot disini masih terasa menyenangkan.

Saya juga merekam rekaman “Time Lapse” saat matahari terbit,

Selamat memotret Candi Borobudur saat pagi berkabut dan semoga bermanfaat.

Sad Agus Photography, ©Copyright 2017.

http://sadagus.com