Berjualan foto online di MICROSTOCK

Microstock
Banyak yang bertanya gimana caranya menjual foto online. Ada dua tahap penting yg harus dilakukan untuk menjual foto online, yaitu:
1. Membuat rekening virtual online yaitu di paypal.com, dimana rekening virtual ini tempat penerimaan pembayaran foto2 kita yang laku dijual.

2. Mendaftar sebagai contributor di agen penjual foto online yg biasa disebut microstock site.

Mendaftar di paypal.com

Siapkan dokumen yg diperlukan utk mendapatkan pemegang rekening di paypal, yaitu credit card, kartu identitas (ktp, sim, passport, pas foto), rekening tabungan. Scan semua keterangan itu, kalau tidak punya credit card, saya pernah mendengar kita dapat membuat VCC (virtual credit card) yaitu credit card tapi di cloud. Maaf, saya belum pernah punya pengalaman ini, silahkan kawan2 yg tidak punya credit card mencari caranya di google atau kawan lain.

Masuklah ke halaman internet paypal.com; lengkapi semua formulir isian, sertakan syarat-syaratnya. Setelah lengkap dan di submit, maka kita akan menunggu beberapa hari untuk menunggu “verifikasi” melalui email. Jika ada yg kurang lengkap, maka anda akan diberitahu kekurangan dan diminta untuk melengkapi.

Setelah mempunyai rekening di paypal.com, maka kita sudah dapat melakukan transaksi online ke seluruh belahan dunia manapun. Dan jika sudah mencapai jumlah tertentu, uang yg ada di paypal dapat ditransfer ke rekening bank kita yg di Indonesia secara online, oleh kita sendiri, berapapun dan kapanpun.

Mendaftar sebagai contributor di microstock

Jika di google anda mencari microstock site, maka anda akan ditampilkam lebih dari sepuluh agen penjual foto online, dibawah ini ada beberapa link untuk mendaftar menjadi contributor di microstock, silahkan dipilih dan dicoba.

Shutterstock ~ https://contributor-accounts.shutterstock.com

Adobe stock – https://contributor.stock.adobe.com

Getty images ~ https://workwithus.gettyimages.com/en

Alamy – http://www.alamy.com/contributor/

123rf ~ https://www.123rf.com/sellimages.php

Istock
Adapun cara mendaftarnya, siapkan syarat2 nya, yg jelas harus ada (1) KARTU IDENTITAS, bisa passport, sim, ktp (disarankan passport) dan (2) REKENING kemana uang hasil penjualan akan ditransfer, disarankan ke paypal seperti diatas. Kenapa harus paypal? Karena kalau ke rekening langsung ke bank di Indonesia, ada banyak kendala, mungkin rekening kita punya batasan transaksi, pemotongan pajak, dll. Hal lain, kebanyakan microstock sudah punya standard pembayaran mudah ke paypal. (3) Siapkan (3) FOTO paling tidak 10 frames, dengan resolusi tinggi dalam format JPG, kalau bisa tidak ada orang dan tidak ada logo, tulisan atau merek dari perusahaan tertentu, utk bisa di submit sebagai persyaratan bahwa anda layak diterima sebagai contributor.

Setelah anda diterima sebagai contributor, maka anda dapat meng upload foto2 anda sesuai dengan persyaratan yg ditentukan, jangan kaget jika pada tahap awal foto2 anda akan banyak di reject atau ditolak, karena alasan tertentu. Jadi berjualan foto online juga bukan hal mudah, harga yg dibeli utk setiap foto juga sangat kecil sekitar $0.25 !!! Atau sekitar RP3000 saja. Tapi harga foto anda bisa naik, jika sudah beberapa kali di download atau dibeli.

Apa manfaat jualan foto online?
1. Quality control – bagi foto2 kita sendiri, sehingga secara tidak langsung kita belajar fotografi, setelah evaluasi foto2 kita yg ditolak.

2. Side Income – berjualan foto online bukanlah pendapatan utama, tapi akan bisa menjadi pemasukan uang yg signifikan jika ditekuni.

3. Portfolio ~ mempunyai kumpulan foto2 bisa menjadi portfolio yg siap jual di microstock adalah aset yg punya nilai jual, tidak memerlukan maintenance dari kita, karena microstock sudah melakukannya secara otomatis.

Itu saja dulu, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan, semangat kawan2 agar tetap terus berkarya melalui fotografi.

Salam dari Jogja,

Sad Agus Photography, © Copyright 2017.

http://sadagus.com

Dreamstime plugins as below

Prambanan temple
© Sad Agus Praptiono | Dreamstime Stock Photos