Metering Kamera Digital

Metering-Modes
Mode Metering

Apakah metering itu?

Metering adalah istilah pengukuran exposure / tingkat cahaya pada kamera digital, sehingga kamera dapat menentukan kecepatan rana (shutter speed), diafragma lensa (aperture) dan ISO (sensivity) secara otomatis, yang tergantung dari intensitas cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Metering kamera digital adalah jenis “Reflected” metering, yaitu pengukuran cahaya yang memantul dari obyek yang terlihat melalui lensa kamera, jadi sebenarnya bukanlah pengukuran cahaya sebenarnya. Jenis metering yang kedua adalah “Incident” metering adalah pengukuran cahaya yang diukur langsung pada obyek yang terkena cahaya, jadi jenis pengukuran kedua ini adalah pengukuran intensitas cahaya yang sebenarnya, sering disebut juga “true metering”. Dapat menggunakan alat pengukur portable yang disebut light meter. Continue reading “Metering Kamera Digital”

Mempunyai Website Pribadi

My website

Dalam satu minggu terakhir, saya memperbarui halaman website resmi pribadi saya. Perubahan nya meliputi:

  1. Bersih dan sederhana, saya mempertahankan tampilan “slideshow” 10 foto yang saya anggap terbaik, dibawahnya ada tiga (3) bagian yaitu bagian blog, portfolio dan extra site dg icon sederhana namun menarik.
  2. Memperbanyak link, bagian portfolio saya bagi menjadi beberapa link ke halaman portfolio foto di microstock, flickr dan 500px, selain itu saya juga menambahkan portfolio video saya yg ada di shutterstock dan youtube.
  3. Di halaman “extra”, saya menambahkan dua link yaitu halaman presentasi tentang “travel photography” dan halaman silsilah keluarga Seno Atmodjo.

Continue reading “Mempunyai Website Pribadi”

Pantai Siung 2017

“Siung”
Pantai Siung

Entah sudah ke beberapa kali saya ke pantai ini, kali ini saya ditemani oleh putra saya – Dimas. Persiapan sudah saya lakukan beberapa hari sebelumnya, seperti GPS, kamera DSLR, tripod, GoPro, Drone DJI Phantom 4 Pro dan peta rencana lintasan terbang drone. Kali ini saya ingin memotret bentang alam pantai dari deretan bukit utara Pantai Siung dan menerbangkan drone dari bukit di sisi utara, untuk mengambil rekaman video udara Pantai ini. Continue reading “Pantai Siung 2017”

Liburan ke Lombok

“Lombok”
Pantai Mawun

Rencana liburan ke Lombok bersama keluarga sebetulnya sudah direncanakan mungkin sudah lebih dari lima tahun sebelumnya, namun banyak sekali kendala saat berjalannya waktu, entah itu dari saya sendiri maupun dari anak dan istri. Bulan lalu, saya tekadkan untuk betul untuk berangkat ke bagian Indonesia yang indah itu, dengan memesan tiket dan kamar hotel. Pemesanan semua berjalan lancar, apalagi sekarang sudah dimudahkan dengan adanya teknologi informasi, semua serba online, dari mulai berangkat, taxi, penerbangan dan hotel. Continue reading “Liburan ke Lombok”

Portfolio updated

“portfolio”
Milkyway

Ada beberapa sesi foto bentang alam dalam 2 bulan terakhir yang belum sempat saya update di halaman internet ku, yaitu foto saat ke Lombok, Pantai Siung dan ke Ulu Semong, Lampung. Foto-foto berikut menggunakan kamera DSLR Nikon D810 dan lensa AFS 24-70mm f/2.8G ED, lensa AFS 14-24mm f/2.8G ED. Continue reading “Portfolio updated”

Image Transmission Setting

Text
DJIGO4 Apps

Dalam menerbangkan drone DJI Phantom 4 Pro di daerah perkotaan, saya sering mengalami putusnya video realtime (FPV – first person view) pada layar LCD di tablet saya. Rupanya frekuensi transmisi yg saya gunakan sering terganggu oleh adanya frekuensi dari signal-signal wifi, telpon selular atau signal radio komunikasi yang cenderung padat di daerah perkotaan. Akibatnya frekuensi yg saya gunakan sering terputus akibat banyaknya frekuensi dari pemakai signal yang relatif banyak. Continue reading “Image Transmission Setting”

Bukit Buah Mangunan

Mangunan
Puncak Bukit Mangunan

Tempat ini adalah salah satu spot fotografi yg cukup menarik, tepatnya di puncak Bukit Mangunan. Dari spot ini, kita bisa memotret pemandangan ke arah selatan, rangkaian pegunungan seribu Gunung Kidul yang dibelah oleh Sungai Oyo, karena dilihat dari tempat tinggi dan pagi hari, maka selimut kabut di permukaan perbukitan dan lembah Sungai Oyo masih tebal dan terlihat mengalir, sungguh pemandangan indah luar biasa..! Continue reading “Bukit Buah Mangunan”

Kekurangan para “Pemula”

Membaca
Membaca

Tanpa merendahkan kawan2 yg masih pemula, sebaliknya saya ingin berbagi beberapa hal yg mungkin bisa hindari agar hasil jepretan kawan2 lebih baik. Dalam tulisan ini, saya coba utk melihat baik kekurangan dan kesalahan dari kebanyakan kita (termasuk saya) dalam fotografi, antara lain:

Continue reading “Kekurangan para “Pemula””