Setting Kamera Digital untuk Foto Hitam Putih

Setting Kamera BW
Setting Kamera Digital

Sebelum berbicara setting kamera digital, mohon kawan-kawan membuka kembali buku petunjuk (manual) kamera masing-masing. Karena setting kamera yang akan dijelaskan akan SANGAT TERGANTUNG pada pengetahuan bagaimana merubah setting pada kamera masing-masing. Continue reading “Setting Kamera Digital untuk Foto Hitam Putih”

Pengaruh & Perbandingan Konversi foto warna ke hitam putih

Article Cover
Pengaruh konversi foto warna ke hitam putih

Saya akan coba berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang konversi foto berwarna ke foto hitam putih. Tulisan ini bersifat “Teknis” dan “Dasar”. Mengingat tulisan ini panjang, maka saya akan bagi menjadi tiga bagian; yaitu: BAGIAN PERTAMA adalah Pengaruh dan Perbandingan METODE konversi dengan Adobe Camera Raw dan Adobe Photoshop. BAGIAN KEDUA adalah panduan dasar memotret hitam putih dengan kamera digital. BAGIAN KETIGA: Post processing – konversi digital foto berwarna ke foto hitam putih. Continue reading “Pengaruh & Perbandingan Konversi foto warna ke hitam putih”

Mempersiapkan cetak foto di Photoshop

PS_interface
Processing before printing

Mencetak foto dalam ukuran besar diatas kertas foto didasarkan beberapa alasan, mengapa kita perlu mencetak foto hasil bidikan kita, berikut adalah beberapa alasan diantaranya: Continue reading “Mempersiapkan cetak foto di Photoshop”

Dodging & Burning Photoshopp

DSC_1362_small
Dodge & Burn

Dodging & Burning sebenernya adalah menambah kontras foto agar terlihat natural dan dramatis, dengan menambah tone gelap (Burning) dan tone terang (dodging) pada daerah tertentu sehingga dapat menambah kedalaman dan 3 dimensi. Banyak sekali metode dan cara untuk dodging & burning dalam photoshop. Yang kita bahas disini adalah cara sederhana, yaitu cara automatic dan manual. Continue reading “Dodging & Burning Photoshopp”

Koreksi Akurat White Balance

White Balance button
White Balance Button

Untuk mengkoreksi White Balance maka ada tiga (3) tahapan, yang PERTAMA yaitu menentukan warna hitam pada foto dan menerapkannya pada foto melalui Curve Adjustment layer. KEDUA yaitu menentukan warna putih pada foto dan menerapkannya pada foto melalui Curve Adjustment layer. KETIGA yaitu menentukan warna abu-abu dan menerapkannya pada Curve Adjustment layer. Continue reading “Koreksi Akurat White Balance”

Adobe Photoshop CC Tips

72d40a44665625.581b167143ab9

Rasanya tidak semua bisa saya ingat, itulah gunanya kenapa saya tulis tahapan langkah-langkah beberapa cara memproses foto di Adobe Photoshop CC, tujuannya agar foto bisa lebih menarik. Continue reading “Adobe Photoshop CC Tips”

Metering Kamera Digital

Metering-Modes
Mode Metering

Apakah metering itu?

Metering adalah istilah pengukuran exposure / tingkat cahaya pada kamera digital, sehingga kamera dapat menentukan kecepatan rana (shutter speed), diafragma lensa (aperture) dan ISO (sensivity) secara otomatis, yang tergantung dari intensitas cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Metering kamera digital adalah jenis “Reflected” metering, yaitu pengukuran cahaya yang memantul dari obyek yang terlihat melalui lensa kamera, jadi sebenarnya bukanlah pengukuran cahaya sebenarnya. Jenis metering yang kedua adalah “Incident” metering adalah pengukuran cahaya yang diukur langsung pada obyek yang terkena cahaya, jadi jenis pengukuran kedua ini adalah pengukuran intensitas cahaya yang sebenarnya, sering disebut juga “true metering”. Dapat menggunakan alat pengukur portable yang disebut light meter. Continue reading “Metering Kamera Digital”

Mempunyai Website Pribadi

My website

Dalam satu minggu terakhir, saya memperbarui halaman website resmi pribadi saya. Perubahan nya meliputi:

  1. Bersih dan sederhana, saya mempertahankan tampilan “slideshow” 10 foto yang saya anggap terbaik, dibawahnya ada tiga (3) bagian yaitu bagian blog, portfolio dan extra site dg icon sederhana namun menarik.
  2. Memperbanyak link, bagian portfolio saya bagi menjadi beberapa link ke halaman portfolio foto di microstock, flickr dan 500px, selain itu saya juga menambahkan portfolio video saya yg ada di shutterstock dan youtube.
  3. Di halaman “extra”, saya menambahkan dua link yaitu halaman presentasi tentang “travel photography” dan halaman silsilah keluarga Seno Atmodjo.

Continue reading “Mempunyai Website Pribadi”