Pentingnya Memahami Setting Kamera

Memahami setting kamera

Salah satu belajar fotografi, sekaligus memahami kamera kita adalah dengan terus mencoba (melakukan eksperimen) dengan setting kamera yang berbeda-beda dan memahami efek atau dampak foto yang dihasilkan. Ini terbukti merupakan SALAH SATU cara “Learning by Doing” yang AMPUH…! Continue reading “Pentingnya Memahami Setting Kamera”

Kenapa foto saya tidak bagus?

SAP_4755_small
Pantai Krakal, EXIF: 1.6″, f/11, ISO100, 16mm, RAW single shot on tripod.

Semua pernah mengalami saat kebanyakan hasil bidikan nya dirasa tidak bagus atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini banyak disebabkan oleh sang fotografer, sedikit sekali sebuah foto kurang baik disebabkan oleh faktor peralatan. Continue reading “Kenapa foto saya tidak bagus?”

MENGAWALI TAHUN 2018 DALAM FOTOGRAFI

DSC_3956_small
Agenda tahun 2018

Tahun 2017 sudah kita lewati dan sudah memasuki tahun 2018. Sebagai penikmat dan pelaku fotografi, ada kesan baik dan buruk di tahun lalu. Banyak pelajaran yang dapat diambil, sambil merencanakan perbaikan-perbaikan, kegiatan-kegiatan positif lainnya. Saya menulis ini setelah membaca salah satu artikel tentang agenda / rencana apa yang akan dilakukan di tahun 2018. Rupanya saya hampir melewatkan hal penting ini yaitu membuat Agenda Fotografi di tahun 2018. Ini hanya ide dan pemikiran. Continue reading “MENGAWALI TAHUN 2018 DALAM FOTOGRAFI”

Indoor Low Key Light

Low Key Indoor
Low Key Lighting

Jenis foto “LOW KEY” adalah jenis foto yang mempunyai “tone” gelap atau secara teknis histogram nya menempati lebih dari 50% daerah shadow / gelap (histogram sebelah kiri). Banyak para pemula yang kurang memahami “lighting” dan kesulitan untuk membuat foto “Low Key” yang baik atau hasilnya “TIDAK DRAMATIS”. Untuk mempersingkat tulisan maka tulisan ini akan saya bagi dua (2) yaitu Low Key Lighting Indoor dan Low Key Lighting Outdoor. Continue reading “Indoor Low Key Light”

Memotret Kembang Api

DJI_0068_small
Fireworks Aerial View (New Year 2017)

Shooting fireworks atau memotret kembang api mempunyai tips dan trik tertentu, sehingga foto bisa kelihatan indah dan meriah namun tidak “semrawut”.

  • Tentukan posisi kita akan memotret, posisi dengan posisi tinggi akan lebih bagus mengingat kembang api akan meledak dan terlihat kira-kira 10m – 30m diatas permukaan tanah. Jika memungkinkan sertakan subyek / point of interest lain sebagai pelengkap komposisi dan pembanding ledakan kembang api. Misalnya Gedung, menara, pohon apapun.

Continue reading “Memotret Kembang Api”

Koleksi Foto Hitam Putih

Black n White (2017-12-30 07-33-19)
Black and White Collection

Saya baru saja memperbarui halaman portfolio untuk koleksi foto hitam putih. Setelah bergabung dengan group BW Lover di facebook, saya banyak belajar dan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana melakukan foto hitam putih secara baik, dari Pre Shooting, Shooting, Post Processing. Continue reading “Koleksi Foto Hitam Putih”

Memproses foto hitam putih di era digital

ACR processing
Adobe Camera Raw Conversion

Mungkin beberapa dari penggemar foto hitam putih di era digital saat ini, ada yang tidak pernah mengalami proses di era analog, dimana era analog proses akhir (post processing) jauh lebih sulit dan lama dibandingkan dengan era digital. Yang pasti keunggulan teknologi digital dalam proses akhir adalah CEPAT…! Continue reading “Memproses foto hitam putih di era digital”

Setting Kamera Digital untuk Foto Hitam Putih

Setting Kamera BW
Setting Kamera Digital

Sebelum berbicara setting kamera digital, mohon kawan-kawan membuka kembali buku petunjuk (manual) kamera masing-masing. Karena setting kamera yang akan dijelaskan akan SANGAT TERGANTUNG pada pengetahuan bagaimana merubah setting pada kamera masing-masing. Continue reading “Setting Kamera Digital untuk Foto Hitam Putih”

Pengaruh & Perbandingan Konversi foto warna ke hitam putih

Article Cover
Pengaruh konversi foto warna ke hitam putih

Saya akan coba berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang konversi foto berwarna ke foto hitam putih. Tulisan ini bersifat “Teknis” dan “Dasar”. Mengingat tulisan ini panjang, maka saya akan bagi menjadi tiga bagian; yaitu: BAGIAN PERTAMA adalah Pengaruh dan Perbandingan METODE konversi dengan Adobe Camera Raw dan Adobe Photoshop. BAGIAN KEDUA adalah panduan dasar memotret hitam putih dengan kamera digital. BAGIAN KETIGA: Post processing – konversi digital foto berwarna ke foto hitam putih. Continue reading “Pengaruh & Perbandingan Konversi foto warna ke hitam putih”